3 Bentuk Self-Love ala PPKM Ini Bikin Kamu Makin Kece!

Diperbaharui : August 10, 2021

Dalam artikel ini

Girls, how you doin’? I do hope your hope never fades. Walaupun memang kelihatannya kayak, “Apa sih yang mau diharapin pas PPKM gini? Nggak kena PHK aja udah bersyukur banget.”

PPKM alias Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sudah masuk ke level perpanjangan, nih. Kerjaan yang bukan bagian dari sektor kritikal, sekarang mau nggak mau harus di-handle dari rumah, dan pastinya bikin working hours makin nggak karuan. Zaman dulu, inginnya kalau bisa kerjaan selesai di kantor, nggak usah sampai dibawa ke rumah. Alasannya? Biar di rumah bisa relax sembari nyemil-nyemil cantik pas nonton dooong! Sekarang? Hmm..

Kalau sudah begini, bawaannya kadang pusing nggak karuan ya Girls, jadi pengen mamam sama rebahan teruuus😖 Pelan-pelan poin aplikasi order makanan junk kamu naik dan sudah jadi langganan, olahraga juga sudah kayak hari besar, jarang banget! Bisa dihitung pakai 5 jari.

“-Tapi ini bentuk aku sayang sama diri aku,” “I love myself!”

Definisi love yourself sudah bergeser ke arah yang rancu. Padahal nggak semua yang bikin kita happy, bisa kita anggap as a form of self-love, Girls. Seseorang pernah berkata begini tentang self-love,

“Self-Love adalah tentang menyayangi diri sendiri tanpa perlu membandingkan dirimu dengan mereka yang ada di bawahmu (atau di atasmu) secara sosial, memberi dirimu ruang untuk bangga atas kinerja dan pencapaian yang kamu lakukan, dan mampu mengakui bahwa sangat tidak apa-apa untuk sesekali merasa tidak pasti, dan ragu pada diri sendiri.”

Apa kamu pernah sembunyi saat masalah datang? Apakah ada saat ketika semua orang memberi jari telunjuknya padamu, Girls, kamu juga ikut-ikutan? Atau sesederhana, apa kamu tidak punya cukup waktu untuk take a deep breath dan bilang terima kasih pada dirimu?

Nah, kalau iya, di bawah ini adalah hal-hal yang bisa buat self-love kamu makin upgrade saat PPKM!

1. Mulai Menyadari dan Jujur pada Diri Kamu Sendiri

Girls, banyak dari kita sering nggak sadar kalau diri ini juga pentiiing! Hal ini berujung pada rasa tidak menghargai diri sendiri. Lebih sering melihat pencapaian orang lain sebagai kegagalan diri, kemudian melihat kesalahan sendiri sebagai suatu hal yang tidak bisa diperbaiki. Hal ini wajar kok, Girls. Namun bila dipertahankan terus menerus, kamu akan stuck di situ-situ saja. Kamu jadi takut mencoba. Semua hal menjadi terbatas karena kamu nggak menyadari dan jujur pada diri kamu sendiri.

Selain itu, kamu perlu sadar dan refleksi apa yang sedang kamu rasakan saat ini, Girls. Jika kamu merasa marah, kecewa, dan tidak damai, baiknya kamu renungkan mengapa kamu merasa seperti itu. Jika sudah masuk dalam tahap menyadari dan jujur pada diri sendiri, kamu perlu menghadapinya, dan… enjoy. Terima bahwa kamu sedang mengalami hal tersebut, terima bahwa kamu manusia yang bisa saja salah, dan ucapkan hal-hal baik yang membangkitkan semangatmu kembali. Anggap ini sebagai sebuah perjalanan. Akhirnya, kamu adalah kamu yang berharga dan patut diapresiasi.

2. Berhubungan dengan Orang-orang yang Punya Positive Vibes

Rasa-rasanya tidak akan pernah ada orang yang terbiasa dengan kehilangan, ya, Girls? Apalagi kalau sudah jadi kesukaan. Namun, kamu perlu untuk mulai memerhatikan mereka yang ada di circle-mu. Perlu untuk diketahui Girls, ada tiga circle dalam hidup. Circle pertama adalah keluarga, kekasih, sahabat, dan orang-orang yang sangat dekat dengan kamu. Lalu, circle kedua ditempati oleh mereka yang merupakan teman-teman sepermainanmu, namun tidak terlalu dekat. Terakhir, circle ketiga diisi oleh mereka yang hanya sekedar tahu namamu saja. Kamu perlu mengatur komunikasi dengan orang-orang yang berada di circle-mu, dan melihat apakah vibes yang mereka bawa memang baik.

Pada circle pertama, kamu cenderung tidak bisa untuk memutus hubungan, walaupun sebenarnya bisa, apalagi keluarga. Ini dapat dikomunikasikan dengan caramu sendiri, sehingga satu dengan yang lain bisa saling mengerti. Lain hal dengan circle kedua dan ketiga. Pada circle ini, kamu memiliki wewenang penuh untuk tetap berhubungan atau tidak dengan mereka.

Memang benar, nilai dirimu tidak ditentukan oleh orang lain, dan apa yang mereka katakan. Namun, kamu adalah apa yang kamu katakan, apa yang kamu dengar, dan apa yang kamu lihat. Hubungan dengan mereka juga memengaruhi kualitas dirimu. Mulai ambil keputusan yang berani, Girls. Ada saatnya kamu perlu melepaskan hal yang seharusnya sudah lama hilang dari hidupmu.

3. Self-Care dengan Pola Hidup Sehat

Olahraga teratur se-simple jalan kaki muter-muter ruang tamu, berjemur di bawah matahari sebelum jam 9 pagi, makan makanan rumahan yang lengkap plus sehat, dan jangan lupa vaksin, Girls! Hidup sehat itu merupakan salah satu self-love terbaik yang bisa kamu kasih ke diri kamu sendiri, dan yang jelas bisa kamu rasakan manfaatnya secara fisik! Sebelum terlalu lelah, istirahatlah. Kamu pasti nggak mau ‘kan, uang hasil keringatmu habis hanya untuk membayar biaya rumah sakitmu?

Self-Love adalah proses belajar seumur hidup, Girls. Kamu akan bertumbuh dalam kegagalan dan keberhasilan yang kamu alami di tiap-tiap masanya. Mumpung lagi banyak waktu di rumah, yuk, mulai untuk menyayangi diri dengan lebih baik!

Share artikel

5 5 votes
Rate this article
5 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Anonim
10 August 2021 10:50

Thankyou bgt nih tips self-lovenya, sangat-sangat bermanfaat!! Sejak ppkm aku jadi gampang banget burnout huhu 🙁

Paulina Gurning
10 August 2021 11:24

Bagus masukannya buat kita yg lagi dirumah, spy kita terus membenahi diri dan semangat terus melanjutkan hidup dgn sukacita dan bahagia.

Jhon Yason Sihombing
10 August 2021 11:25

Bener banget ni, kadang kita lupa untuk say thank you dan love our self karena terlalu takut atau bahkan sibuk dengan hal-hal yg sia”.
Tulisan ini sangat memberkati dan membantu kita untuk bisa lebih tenang dan tetap mengasihi hidup dan diri kita.

Sutanto
10 August 2021 12:50

Okey tulisannya

valen
10 August 2021 18:48

Bagus banget dan benar ni tulisannya!

Baca artikel lainnya

Beragam insight dan tips untuk meningkatkan pengetahuanmu