Suka Kesal Dengan Clickbait? Yuk Pahami Seninya

Diperbaharui : October 24, 2021

Dalam artikel ini

clickbait on social media

Tidak selamanya clickbait itu buruk lho! Kalian pasti sudah gak asing lagi dengan kata clickbait. Clickbait adalah cara yang bisa digunakan oleh para pemilik konten agar menarik banyak pengunjung dengan membuat judul unik dan menarik. Judul tersebut nantinya akan memancing pembaca untuk membuka konten entah itu artikel, video atau lainnya. Bahkan terdapat pula sebagian orang yang langsung melakukan share pada artikel meskipun tidak tahu isi pasti nya.

Oleh sebab itu, sebaiknya kalian lebih berhati-hati dalam menggunakan clickbait sebagai judul konten. Tetaplah buat konten yang relevan dengan kebutuhan pembaca dan informasi yang sesuai. Sebab, reputasi konten kalian dipertaruhkan, lho.

Sebelum belajar membuat clickbait yang baik, simak dulu sisi terang dan sisi gelap dari clickbait berikut ini:

Sisi Terang Clickbait

  1. Meningkatkan Data Kunjungan. Dengan judul yang menarik, tentu rasa penasaran netizen bisa semakin memuncak. Untuk itu, mereka akan mengklik halaman yang menampilkan clickbait tersebut, sehingga data kunjungannya akan meningkat. Sehingga, hal ini akan berdampak baik bagi para content creator untuk mendapat perhatian lebih dari audiens.
  2. Mengasah Kreativitas. Membuat hal yang menarik dan memancing rasa penasaran banyak orang memanglah tidak mudah. Butuh sisi kreativitas yang tinggi. Maka, disinilah sisi kreativitas tersebut akan diuji. Sejauh mana tulisan yang kita sajikan mampu menggerakan seseorang untuk melakukan klik.
  3. Menambah Pendapatan. Tujuan dari clickbait ini tentu untuk menghasilkan dan menambah pendapatan secara online, jika kita berhasil membuat penasaran audiens dan mereka mengklik umpan yang telah kita buat bahkan mungkin hingga membeli, berlangganan pada produk yang kita tawarkan, jika memang kita menggunakan clickbait ini untuk mempromosikan suatu hal.

Sisi Gelap Clickbait

  1. Mendatangkan Traffic yang Tidak Sesuai. Kemungkinan besar clickbait mampu mendatangkan trafik audiens yang penasaran dengan isi dari konten. tapi, bisa saja audiens tersebut bukanlah target audiens yang sesuai. Jika hal ini sudah terjadi, maka usaha untuk memperoleh keuntungan dengan menggunakan strategi konten marketing sudah menjadi tidak maksimal.
  2. Bounce Rate Meningkat. Suatu website yang mempunyai rasio bounce rate yang tinggi kemungkinan besar terindikasi mempunyai konten yang tidak sesuai dengan pencairan penggunanya. Sehingga, google tidak bisa menempatkannya pada posisi hasil pencairan yang baik.
  3. Merusak Brand Image. Coba bayangkan bila Anda membuat suatu konten marketing yang tidak sesuai dengan kenyataan. Tentunya para audiens pun akan merasa tertipu. Bila konten clickbait tersebut hanya muncul sekali mungkin pembaca masih memakluminya. Tapi jika selalu dilakukan, maka reputasi kalian pun akan menurun drastis

Cara Membuat Judul yang Baik

  • Buat Judul yang Luar Biasa, Hampir Mustahil, atau Menakjubkan. Menambahkan dan mengubah judul adalah suatu hal yang wajib untuk dipikirkan. Buanglah sejauh mungkin judul yang memiliki kesan membosankan dan buatlah judul clickbait yang bisa dioptimasi untuk SEO kalian. Walaupun memang terlihat hiperbola, namun kenyataannya memang begitu. Jadi, artikel atau berita yang kalian buat harus benar-benar mengejutkan, tidak bisa dipercaya, dan juga menakjubkan. Namun, hindari penggunaan trick clickbait ini untuk menarik pembaca saja. Gunakan metode ini juga saat kalian memang mampu mempertanggungjawabkannya.
  • Buatlah Clickbait dengan Menambahkan Angka atau Nomor di Judul. Listicles mampu bekerja dengan sangat baik untuk menarik minat pembaca dan juga sangat baik untuk SEO. Nah, salah satu cara untuk menggunakan listicles adalah dengan menggunakan kata sifat dan juga angka yang sederhana untuk menggambarkan tips, trick, kiat, dan hal lainnya yang ada di dalam artikel.
  • Gunakan Teknik Copywriting. Kalian bisa membuat judul dengan kalimat yang mudah menarik perhatian dengan menerapkan prinsip copywriting, yaitu concise, relevant, unique,dan useful. Penerapan prinsip itu diawali dengan mencoba menulis sebuah judul yang singkat. Tujuannya untuk menghindari kejenuhan audiens. Meski singkat, judul harus tetap mencerminkan manfaat isi konten yang relevan bagi audiens. Selain itu, pastikan untuk membuat judul yang kreatif yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Beberapa kata seperti luar biasa dan mengejutkan akan bekerja cukup baik dalam membuat clickbait, namun Anda masih bisa berkreasi lagi sebebas-bebasnya. Untuk itu, ubahlah judul artikel SEO kalian yang membosankan menjadi artikel menarik dengan menambahkan angka yang sangat sederhana.

Share artikel

5 2 votes
Rate this article
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Baca artikel lainnya

Beragam insight dan tips untuk meningkatkan pengetahuanmu