Hello, Girls! Quick quiz, apa langkah yang harus dilakukan apabila ingin mendatangkan traffic ke website bisnis kita? Kalau kamu menjawab dengan iklan, yak, benar sekali! Dengan beriklan dapat membantu dalam mendatangkan traffic atau pengunjung ke website. Di era digitalisasi, dimana hampir setiap penduduk terhubung ke internet, tentunya digital ads adalah suatu solusi promosi yang efektif dan dapat menjangkau kalangan luas.
Namun, tentunya kita harus dapat membuat iklan yang dapat menarik perhatian pengguna internet untuk mengunjungi website kita. Selain pembuatan iklan, perlu juga memperhatikan banyak hal, seperti memperhatikan media periklanan digital serta banyak melakukan riset, entah itu riset target pasar maupun riset terhadap kompetitor.
Advertisement yang dibuat diharapkan agar dapat menjangkau audiens secepat mungkin dan pada akhirnya akan berdampak terhadap pertumbuhan bisnis. Media advertising sangat kompetitif dan bisa mahal bagi beberapa bisnis. Agar iklan yang ditayangkan dapat menjadi efektif, riset terhadap kompetitor adalah hal yang penting, karena diperlukan wawasan dan informasi mengenai apa yang dibuat dan dijalankan oleh kompetitor. Dengan adanya referensi ini dapat membantu kita dalam membuat iklan yang lebih menarik dan kreatif. Pada artikel ini akan dibahas mengenai Facebook Ad Library, sebuah fitur yang dapat membantu dalam memulai periklanan secara digital di platform Facebook.
Apa itu Facebook Ad Library?
Facebook merupakan salah satu media yang sering digunakan untuk menjalankan iklan secara digital atau biasa disebut Facebook Ads. Facebook merupakan salah satu sosial media dengan audiens iklan terbesar di internet, sehingga Facebook adalah salah satu tempat terbaik untuk beriklan online. Jenis-jenis iklan yang ada di Facebook Ads pun sangat beragam, lho, girls!
Facebook menyediakan fitur Facebook Ad Library, yang merupakan hub transparansi iklan yang menyediakan tampilan iklan di semua aplikasi dan layanan di dalam Facebook, jadi semua orang bisa mengakses fitur tersebut untuk melihat apapun iklan yang ditayangkan di ekosistem Facebook, gratis!
Facebook Ad Library berisi semua iklan aktif yang dijalankan di seluruh produk dan menyediakan informasi tambahan terkait iklan, baik tentang isu sosial, pemilu, atau politik. Iklan ini akan muncul baik dalam keadaan aktif dan pada saat tidak aktif, selanjutnya akan disimpan di Galeri Iklan selama tujuh tahun.
Jadi, bisa dibilang bahwa Facebook Ad Library merupakan basis data publik gratis dari setiap iklan yang saat ini aktif di Facebook, Messenger, dan Instagram. Pengguna dapat melihat setiap detail-detail yang ada pada iklan, termasuk copy, gambar, video, berapa lama iklan tersebut ditayangkan, dan kapan iklan tersebut diluncurkan.
Dalam pembuatan konten advertising, tentunya ini adalah sebuah harta karun bagi yang ingin mencari referensi dan ide-ide. Ada banyak sekali iklan yang dapat dijadikan referensi, data, dan tempat untuk menemukan ide karena kita dapat melihat iklan-iklan dari para kompetitor dengan produk sejenis yang sudah terlebih dahulu beriklan. Dengan melakukan riset terhadap strategi periklanan sosial kompetitor, akan sangat berguna dalam memberikan insight untuk usaha kita nantinya.
Beberapa Cara untuk Menggunakan Facebook Ad Library
Facebook Ad Library tersedia untuk semua orang, siapapun bisa melihat dan mencari iklan di Facebook Ad Library. Namun, jika iklan memuat jenis konten tertentu, misalnya seperti iklan tentang alkohol, pihak Facebook tidak akan menampilkan materi iklan tersebut kepada orang di bawah umur atau yang tidak login ke Facebook.
Jadi, girls, kita perlu strategi untuk menjalankan advertisement yang efektif. Ada berbagai cara yang berbeda untuk memanfaatkan potensi Facebook Ad Library untuk membuat iklan yang lebih baik. Simak beberapa cara ini, yuk!
1. Kumpulkan Daftar Kompetitor dan Jelajahi Iklan Dari Berbagai Industri
Untuk memulai, kumpulkanlah daftar kompetitor yang potensial, hal ini dapat membantu kita untuk tetap fokus melihat aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh kompetitor. Selanjutnya, hal yang dilakukan yaitu mengakses Facebook Ad Library adalah mencari kompetitor dan melihat iklan apa yang dijalankan.
Namun, jangan terlalu terpaku terhadap kompetitor spesifik. Ada banyak sekali industri dan bisnis di luar sana, dan kita juga dapat belajar banyak dari semuanya. Seperti kata-kata yang terkenal, pengalaman adalah guru terbaik. Ide pun bisa muncul dari mana saja, dan pembelajaran dapat diambil dari apa pun. Jelajahi dan amati berbagai hal. Eits, tapi jangan sampai keasyikan lihat ini itu sehingga kelupaan tujuan awal, ya, girls!
2. Kumpulkan Informasi Iklan
Temukan iklan serupa dan lihat mana yang lebih berhasil. Dengan akses gratis ke iklan, dan akses melihat detail-detail di iklan, urutkan iklan menggunakan filter di Facebook Ad Library untuk menemukan informasi yang paling relevan dengan pasar atau targetmu. Mulai dari mencari, mengamati, lihat apa yang sama dan apa yang berbeda dari iklan-iklan tersebut, dan analisis serta ujilah strategi.
3. Lihat Iklan Aktif untuk Menentukan Apa yang Sedang Tren
Pada saat menjelajahi Facebook Ad Library, kamu bakal melihat beberapa tren yang muncul dalam hal tata letak, penawaran, dan citra. Iklan aktif, dan terlebih lagi iklan yang sudah berjalan lama menandakan bahwa iklan tersebut efektif dan menguntungkan. Ada kemungkinan juga iklan-iklan yang kurang menguntungkan akan dihentikan oleh advertiser.
4. Ads Copy dan Aspek Kreatif dalam Iklan
Dalam mengamati, kita juga bisa melihat dari gambar dan video yang dipakai. Baik dari jenis foto atau video yang dipakai, skema warna yang digunakan, sumber foto, dan sebagainya. Materi gambar dan video ini bisa menjadi salah satu konten yang menarik perhatian pengunjung internet untuk berhenti sejenak dan melihat advertisement. Apakah di dalam gambar juga disertakan sebuah teks copy? Nah, hal ini juga perlu diperhatikan, girls.
Perhatikan copy dalam iklan untuk melihat bagaimana kompetitor memposisikan diri. Bacalah berbagai macam iklan untuk melihat kesamaan pilihan kata, panjang copy, dan gaya bahasa. Baik apakah ditulis dengan gaya bahasa formal atau sehari-hari, menggunakan copy bentuk pendek atau bentuk panjang, dan berbagai aspek lainnya. Amati, lalu modifikasi dengan copywriting yang lebih menarik dan kreatif sehingga bisa menghasilkan iklan yang efektif.
5. Membuat Iklan yang Lebih Menarik dan Temukan Waktu Terbaik untuk Menjalankan Iklan
Setelah riset dan riset, melakukan perancangan dan pengujian, melewati berbagai trial dan error, dan telah berhasil menemukan strategi yang cocok, waktunya untuk membuat iklan yang lebih menarik!
Melalui Facebook Ads Library, kita dapat membuat iklan dengan pesan yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Dengan menelusuri database untuk pengiklan, pilih filter hanya iklan aktif, dan gulir untuk menjelajahi dan melihat iklan dengan waktu tayang terlama. Catat informasi-informasi yang ditemukan, baik jenis media yang digunakan, copywriting, dan penawaran yang digunakan.
Pada tampilan Facebook Ads Library, kita bisa melihat informasi kapan iklan mulai dijalankan. Hal itu dapat dijadikan acuan dalam menemukan waktu yang paling baik untuk menjalankan iklan.
Dan, ingat juga bahwa ada keadaan tertentu yang membuat iklan mungkin dihapus dari Facebook Ads Library, seperti pelanggaran Standar Komunitas yang serius. Jadi, pastikan iklan yang ingin kalian tampilkan sudah dicek dengan baik, ya, girls!
Aku udah pernah nyoba pake fitur ini dan oke banget buat intip ads kompetitor