Podcaster: Menjadi Penyiar Sekaligus Pencipta Konten, Why Not?

Diperbaharui : September 24, 2021

Dalam artikel ini

Belakangan ini istilah podcast menjamur menjadi sebuah tren. Ketika mendengar kata “podcast”, kebanyakan dari kita langsung memikirkan aplikasi streaming musik berlogo hijau dengan tiga garis. Yap, Spotify.

Saluran-saluran podcast seperti RintikSedu, Podkesmas, Suara Puan, sampai Raditya Dika pun sekarang menjadi buah bibir.

Dilansir dari medcom.id, Indonesia memiliki pendengar podcast di Spotify terbanyak di Asia Tenggara dan bukan tidak mungkin jumlahnya akan terus bertambah.

Platform untuk mendengar podcast tentu saja tidak hanya Spotify, kamu pun bisa berkunjung ke Google Podcast, SoundCloud, bahkan Apple Podcast. Namun untuk saat ini, Spotify juaranya streaming podcast.

Pendengar podcast yang kebanyakan milenial ini bisa jadi ladang subur buat kamu yang baru ingin terjun jadi content creator, loh!

Yuk, simak langkah-langkah berikut untuk memulai perjalananmu sebagai podcaster.

Tentukan Tema

Photo by Vlada Karpovich from Pexels
  1. Tentukan tema podcast. Kira-kira hal apa yang akan banyak kamu siarkan di episode-episode podcastmu, ya? Ada banyak tema/genre untuk jadi pertimbangan, seperti entertainment, edukasi, teknologi, atau bahkan horor!
  2. Sediakan gadget. Gadget yang bisa dipakai bermacam-macam. Bahkan hanya dengan smartphone kesayangan, kamu tetap bisa mengudara.
  3. Tulis naskah. Mulai dengan menuliskan hal-hal yang ingin kamu sampaikan sehingga saat rekaman tidak ada yang dilewatkan. Menulis naskah menjagamu tetap on track dan tidak keluar dari topik.

Sekarang, Yuk Rekaman!

Photo by Magda Ehlers from Pexels
  1. Unduh aplikasi Anchor. Di Anchor kamu bisa merekam, mengedit, dan menambahkan efek suara yang membuat podcastmu jadi lebih berwarna. Jangan lupa sign up dan lengkapi profil podcastmu sebelum mulai rekaman.
  2. Buat cover art. Seperti foto profil, gambar ini bisa kamu buat sendiri di aplikasi lain atau dibuatkan oleh Anchor. Foto profil ini akan menjadi wajah dari podcastmu, jadi buat semenarik mungkin, ya!
  3. Saatnya rekaman. Kamu bisa rekaman langsung di aplikasi Anchor atau mengunggah audio yang sudah direkam dengan memilih “click to upload or drop audio here.” Setelah selesai mengedit dan menambah efek/suara latar belakang, jangan lupa mengisi deskripsi episode yang mau kamu unggah sebelum memutuskan menekan “publish now.”

Mengudara di Spotify

Photo by John Tekeridis from Pexels
  1. Pastikan kamu sudah punya akun aktif Spotify. Kalau belum, kamu bisa mendaftar dulu.
  2. Pergi ke https://podcasters.spotify.com/, kemudian tekan “get started” untuk memulai. Kamu akan diminta memasukkan tautan RSS Feed yang bisa kamu dapatkan di opsi “distribution status” di aplikasi Anchor. Kemudian pilih “tap here to copy your RSS feed.”
  3. Jangan lupa nyalakan opsi “display personal email address publicly in RSS feed” di pengaturan podcast.
  4. Verifikasi podcast kamu. Spotify akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat emailmu untuk memberikan kode unik.
  5. Isi deskripsi podcast. Selangkah lagi dan podcastmu siap mengudara di Spotify. Isi deskripsi podcast dengan informasi sesuai yang berhubungan dengan podcastmu, kemudian tekan “submit.”

Voila, podcastmu segera tayang di Spotify dan platform-platform lain. Kamu juga bisa mengecek “distribution status” di aplikasi Anchor untuk tahu podcastmu tayang dimana saja. Menggunakan Spotify for Podcasters, kamu bisa memantau perkembangan podcastmu mulai dari jumlah pengikut hingga statistik pendengar.

Sekarang kamu sudah bisa speak up and reach a world of new listeners. Jadi bagaimana, siap untuk mengudara?

Share artikel

5 1 vote
Rate this article
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Baca artikel lainnya

Beragam insight dan tips untuk meningkatkan pengetahuanmu