Crocheting Vs. Knitting—Merenda Vs. Merajut, Apa Bedanya?

Diperbaharui : November 1, 2021

Dalam artikel ini

Girls, kamu mau mulai merajut? Yang jarumnya satu atau dua, nih? Apasih bedanya? Mana yang lebih bagus? Harus mulai dari mana? Yuk, kita cari tahu!

Sebenarnya, tidak ada yang benar dan salah dalam merajut maupun merenda. Pada dasarnya, itu semua tergantung preferensi dari setiap orang. Apalagi kalau niatnya mau bikin kerajinan-kerajinan yang simpel, keduanya pasti bisa digunakan. Namun, ternyata masing-masing teknik memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, lho!

1. Jumlah Jarum

Perbedaan paling jelas antara knitting dan crocheting itu jumlah jarumnya, girls! Kalau knit, jumlah jarumnya ada dua, kayak yang biasa dipake nenek-nenek di TV itu, lho! Sementara crochet alatnya cuma satu, yaitu hook atau hakpen. Keduanya memiliki banyak variasi ukuran jarum yang bisa menghasilkan hasil yang berbeda-beda. Tetapi untuk jarum knit, ada lagi nih variasinya! Ada satu jenis jarum knit yang bentuknya melingkar alias circular. Nah, untuk jarum yang seperti ini, panjang pendek jarumnya juga perlu banget diperhatikan, girls!

2. Tingkat Kesulitan

Wah, ini nih! Kalau kalian masih pemula, lebih baik coba crochet dulu, deh. Hal ini karena jika kamu membuat kesalahan kecil, tentunya akan mudah membuatnya kembali. Namun, Jika knit stitch kamu copot, tentunya benerin lagi itu PR banget lho! Eits, tapi bukan berarti knitting itu sulit banget! Justru, banyak yang beranggapan kalau knitting itu lebih mudah dipelajari karena hanya memiliki 2 jenis stitches: knit dan purl.

Sedangkan crochet, jenis stitch-nya ada banyak! Mulai dari chain, slip stitch, single crochet, double crochet, treble crochet, dan masih banyak variasi lainnya. Namun, selama kamu sudah memahami stitchstitch dasar crochet, pasti akan jadi sangat mudah!

3. Beda Style

Style knit dan crochet itu beda banget, lho! Kalau knit, hasil stitch-nya biasanya lebih ke bentuk V V V. Kalau crochet, lebih kelihatan seperti simpul atau knots.

4. Jumlah Benang

Ini, nih, kelebihan knit dibanding crochet yang paling kentara! Knit menggunakan jumlah benang yang jauh lebih sedikit dibandingkan crochet, sekitar satu per tiga lebih sedikit. Ini berdampak sangat signifikan lho untuk biaya benang yang harus kamu keluarkan!

Tapi, at the end of the day, semuanya tergantung selera! Banyak orang lebih prefer knitting, banyak juga yang lebih prefer crocheting. Solusinya, sih, coba keduanya saja! Semoga post ini bisa membantu kamu menentukan yang mana yang harus kamu pelajari dulu ya, girls! Jangan lupa, semuanya pasti bisa kamu lakukan asal mau belajar!

Share artikel

0 0 votes
Rate this article
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Baca artikel lainnya

Beragam insight dan tips untuk meningkatkan pengetahuanmu