Girls, sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan begitu pesat, seiring juga dengan berkembangnya teknologi, seperti dunia digital dan internet. Perkembangan ini tentunya akan memberikan dampak kepada beberapa bidang, salah satunya pada dunia bisnis dan pemasaran. Mau tidak mau, kita juga harus beradaptasi terhadap perkembangan dan perubahan ini. Internet begitu canggih karena dapat menghubungkan banyak orang di seluruh dunia.
Menurut penelitian dalam jurnal Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, digital marketing adalah serangkaian kegiatan melakukan, menyampaikan, mengomunikasikan promosi usaha dan pencarian pasar. Jadi melalui media digital, kita dapat memanfaatkan berbagai sarana yang tersedia di online. Tentunya ini akan sangat memudahkan bagi pebisnis untuk memantau dan menyediakan keinginan konsumen.
Di era digital ini, kita juga sudah tahu ada banyak perusahaan yang melakukan pemasaran digital untuk menunjang efisiensi dan meningkatkan penjualan. Ada banyak pilihan desain situs web, e-commerce, dan media sosial, yang dapat menjadi peluang sukses bagi bisnis kamu. Jadi, girls, kenapa sih digital marketing sangat penting? Simak beberapa alasan berikut ini, yuk!
1. Penyebaran informasi yang cepat
Banyaknya pengguna internet dan media sosial yang beraneka ragam seperti Tiktok, twitter, instagram, facebook, dan lainnya, memudahkan orang untuk menyebarkan informasi secara cepat yang berpeluang meningkatkan bisnismu untuk dikenal lebih banyak orang dengan waktu yang relatif singkat.
2. Menjangkau kalangan yang lebih luas
Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali jumlah pengguna internet dan media sosial. Nah, hal ini akan sangat mendukung untuk menyebarkan informasi secara cepat dan menjangkau kalangan luas. Terlebih lagi pada aplikasi sosial media telah tersedia fitur aktivitas repost atau share sehingga akan sangat menguntungkan karena dengan semakin banyak pengguna internet yang share usahamu, maka akan mempercepat dan meningkatkan peluang bisnismu dikenal lebih banyak orang.
3. Interaksi dan Terhubung dengan Konsumen Lebih Mudah
Digital marketing berguna dalam meningkatkan berinteraksi dengan pelanggan dengan mudah. Dengan menggunakan content marketing yang dapat didistribusikan di berbagai platform online seperti website dan media sosial, pengusaha dapat mengunggah konten-konten seperti artikel, foto, dan video yang akan menimbulkan interaksi terhadap calon konsumen. Hal ini juga dapat berperan dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen, karena kamu dapat menjawab pertanyaan yang ada dengan cepat, membagikan informasi, promosi, pembaruan, dan berita apapun, serta membuat konsumen tetap terlibat dan tertarik, up-to-date dengan penjualan dan promosi, misalnya melalui email. Apabila konsumen tertarik dan menyukai dengan promosimu, lalu membagikan di sosial medianya, hal itu akan menjadi keuntungan untukmu.
4. Lebih Efektif dan Hemat
Pada pemasaran konvensional, tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemasaran dengan beberapa media seperti iklan di televisi, koran, dan radio. Sekarang ini, ada banyak, lho, strategi digital marketing yang dapat disesuaikan dengan tujuan dari bisnismu, kamu dapat menghemat biaya dengan hasil yang signifikan dan tentunya juga sesuai dengan your style atau konsep usahamu. Kamu juga lebih bebas berkreasi dan berinovasi.
5.Bangun Nama Brand
Digital marketing membantu membangun nama brand dengan baik. Sebelum membeli produk, kebanyakan dari kita pasti akan melakukan pencarian online, bukan? Nah, dengan adanya eksistensi brand-mu di dunia internet, calon konsumen akan lebih mengenal dan memahami usahamu.
Maka dari itu, girls, penggunaan digital marketing membantu banget dalam berbagai macam hal, baik dalam interaksi dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan penjualan, mempermudah dalam mendapatkan informasi, dan masih banyak lainnya. Tentunya saja didukung dengan perencanaan yang matang dan strategi yang baik agar dapat mencapai hasil yang diinginkan. Nah, gimana, girls, tertarik untuk mencoba digital marketing?