Tips Sukses Bisnis Online di Media Sosial

Diperbaharui : September 2, 2021

Dalam artikel ini

Memasuki era digital, medial sosial sudah menjadi lahan pemasaran yang banyak digunakan oleh para pendiri bisnis. Saat ini Bisnis secara online sudah begitu banyak ditemukan karena aktivitasnya yang lebih flexible dan efisien, karena strategi pemasarannya dalam menggunakan media sosial tidak perlu mengenal skala bisnis dan jenis usahanya.

Banyak sekali media marketing yang mampu mengembangkan bisnis rintisan yang bisa digunakan melalui media sosial. Contohnya ada Facebook Advertisement, Instagram Advertisement, dan Paid Promote. Sebagai pemilik bisnis harus benar-benar menguasai tentang media sosial agar mampu membuat strategi marketingnya, sehingga mereka bisa menarik banyak pelanggan untuk membeli produk atau jasa melalui media sosial.

Beberapa strategi marketing di media sosial harus dapat dipastikan bahwa bisnisnya memiliki akun jualan di beberapa platform, contohnya Instagram, Facebook, Tik Tok, dan lainnya. Di dalam platform ini kamu harus memiliki kreatifitas untuk membuat konten-konten promosi yang menarik dengan tujuan untuk mengirimkan signal ke para pelanggan terhadap produk yang dijual.

Inilah beberapa cara marketing melalui media sosial untuk bisnis yang sedang merintis:

1. Membuat konten yang prinsipal

Stategi pemasaran melalui media sosial penting melihat akurasi dalam sebuah konten, karena proses ini bertujuan untuk menjadikan konten tetap relevan sehingga konten memiliki kuliatas yang baik untuk dibagikan ke dalam media sosial, maka begitu penting untuk memilih konten yang berkualitas dan bermanfaat dengan cara memastikan bahwa setiap isi konten yang kamu buat memiliki pesan yang berharga, ciri-ciri konten yang valuable adalah yang dapat menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah bagi pelanggan yang melihat kontennya.

2. Target Pasar Potensial

Perlu diketahui setiap individu memiliki minat terhadap produk tertentu, dalam menjalankan sebuah kamu harus mengetahui banyaknya peminat dari produk yang dijual. Pemilik usaha harus bisa menawari produknya kepada pelanggan yang memiliki kertarikan pada produk tersebut. Contohnya, produk Make Up lebih banyak menawarkan barangnya kepada perempuan yang berstatus remaja hingga dewasa.

Dalam hal ini kita bisa menggunakan media sosial marketing melalui facebook atau Instagram untuk menarik pelanggan. Beberap hal yang perlu dilakukan adalah memastikan setup Seotagging pada page Facebook, setelah itu langsung cari nama teman-teman di facebook kamu yangsekiranya cocok untuk menjadi konsumen potensial pada bisnis.

3. Membangun relasi dengan istilah ‘tag’ pelanggan di media sosial

Membangun koneksi di jejaring sosial dengan pelanggan akan memudahkan kamu untuk melakukan pemasaran produk dan efektif menarik perhatian berbagai kalangan, makanya hal ini sangat penting untuk sukses dalam berbisnis online. Tetapi ingat jangan sampai asal tag, kamu harus memilih orang-orang yang sekiranya berpotensial menjadi konsumen hingga langganan di bisnis kamu.

4. Tambahkan Hashtag

Ketika kamu ingin memposting tentang produk jualan kamu jangan lupa untuk menambahkan hashtag karena sangat berfungsi bagi konsumen yang sedang mencari produk yang berhubungan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Simply Measured saja menjelaskan bahwa, strategi marketing melalui postingan dengan menggunakan hashtag mempu meningkatkan engagement sebesar 12,6% lebih tinggi dibandingkan postingan tanpa menggunakan hastag.

menambahkan hashtag sangatlah mudah dalam sebuah postingan bahkan tanpa harus mengeluarkan modal sedikitpun, kamu hanya perlu mengetik tanda pagar (#) dan topik konten yang di-posting.

5. Tulis kalimat yang menjual

Setiap postingan pasti butuh penjelasan, berbisnis di media sosial mengharuskan kamu untuk bisa membuat sales letter yang mampu menarik para pelanggan untuk membaca dan melihat produk yang kamu jual. Maka mulailah pelajari bahasa-bahasa marketing yang efektif untuk bisnis kamu.

6. Coba metode marketing flash sale

Setiap pembeli sangat senang dengan yang namanya diskon dan penjual sangat senang dengan profit. jadi, sesekali kamu bisa menawarkan produk yang di dalamnya terdapat batas waktu. Misalnya penawaran diskon dengan waktu selama 3 hari saja atau 10 pembeli pertama diberikan potongan ongkos kirim.

7. Gunakan media sosial sebagai tempat membangun relasi dengan pelanggan

Seorang pelanggan sama halnya dengan investasi, dimasa depan mereka akan menjadi aset yang berhaga bagi bisnis kamu, oleh karena itu penting membangun hubungan secara personal walawpun tidak secara intens. Misalnya mengucapkan selamat ulang tahun dan memberikan hadiah kecil kepada pelanggan setia atau memberikan respon yang cepat kepada pelanggan yang bertanya.

8. Buatlah postingan yang bersifat personal dan sesuai dengan trend

Menggunakan gambar yang berkualitas baik dan menarik akan lebih cepat meningkatkan engagement para pelanggan terhadap produk yang kamu jual. Agar tidak bosan dan terkesan selalu up to date ada baiknya kamu bisa membuat postingan secara berkala, misalnya menampilkan perkembangan produk bisnis, membuat gambaran bisnis, bahkan membahas info-info yang sedang hot dan harus berkaitan dengan usaha yang kamu jalani.

9. Pilih media sosial yang sanggup kamu pegang

Hal terpenting bagi kamu dalam menjalankan bisnis berskala kecil adalah menggunakan platform apa saja yang sekiranya menjamin peningkatan penjualan karena banyak pelanggan yang aktif didalamnya. Banyaknya platform yang tersedia saat ini akan membuat kamu menjadi lebih tergesah-gesah dalam menyanggupi banyaknya platform yang akan kamu pegang. Tidak ada gunanya dengan memegang banyak paltform untuk berjualan namun tidak terorganisir dengan maksimal. sebab didunia bisnis, semakin banyak melalukan promosi maka akan banyak produk yang terjual, yang sebenarnya mindset ini salah besar.

Berbisnis oline di media sosial adalah kesempatan emas bagi usaha kamu untuk berkembang pesat jika terorganisir dengan benar. Jangan sampai membuat kesalahan yang fatal karena dunia online memiliki percepatan sitem kerja yang lebih cepat dibandingkan dunia nyata. Demikian ini 9 tips untuk kamu yang ingin sukses jualan online di Media Sosial.

Semoga bermanfaat girls!

Share artikel

5 1 vote
Rate this article
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Smart lyra
26 October 2021 08:01

Really need these tips for my own business, thank you sissy!! Looking forward for your next article, you go girl!!!

Baca artikel lainnya

Beragam insight dan tips untuk meningkatkan pengetahuanmu